You are here
Home > PENDIDIKAN > Tingkatkan IPM, Kades Kiarapandak Dukung Pendidikan Melalui Paud

Tingkatkan IPM, Kades Kiarapandak Dukung Pendidikan Melalui Paud

JARO IWAN ( Kades Kiarapandak )

 

KIARAPANDAK – Dunia pendidikan merupakan salah satu program Pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa, sehingga betapa pentingnya pendidikan sebagai bagian dari usaha meletakan dasar bagi kecerdasan anak anak diusia Dini. Hal ini pun telah di Implementasikan melalui program Dana Desa (DD) pada tahun 2016 lalu oleh Pemerintah Desa Kiarapandak, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor,

Kepala Desa Kiarapandak Iwan Setiawan, mengatakan, Pemerintah Desa berupaya memfasilitasi program pendidikan dengan membangun gedung Paud berintegritas, juga memberikan honor untuk guru tutornya demi meningkatkan pendidikan ditingkat usia dini.

“Pemerintah Desa telah berperan serta dan aktif untuk mendorong dan melakukan upaya pemberantasan buta aksara melalui Pendidikan Anak Usia Dini,”ujarnya kepada Publik Bogor saat sambutan diacara pelepasan siswa Pos Paud Anggrek Desa Kiarapandak, Sabtu (8/7).

Iwan menjelaskan, salah satu program pemerintah desa dalam meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas, diantaranya harus dipersiapkan fasilitas prasarana nya untuk mendukung pendidikan. Sehingga Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dapat meningkat.

“Ini adalah bentuk dukungan Pemerintah Desa Kiarapandak akan program wajib belajar 12 tahun, dan program itu akan kami implementasi kan melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Sehingga dapat termotivasi dan minat belajar anak usia dini dapat meningkat,”katanya.

Selain itu menurut nya, salah satu prioritas dari pemanfaatan Dana Desa (DD) selain penguatan ekonomi dan pembangunan infrastruktur, juga dilakukan untuk pembangunan Pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Posyandu.

Karna kami menyadari sangat pentingnya pendidikan sebagai bagian dari usaha meletakan dasar bagi kecerdasan anak bangsa, sehingga pertimbangan pembangunan Pos PAUD ini menjadi prioritas, karena ini dapat mendorong minat belajar bagi anak – anak kedepannya.

Sementara Asep Hidayat Penilik UPT Pendidikan Sukajaya, mengapresiasi atas perhatian Pemerintah Desa Kiarapandak bagi pendidikan anak usia dini.

Jadi melalui sekian banyak pertimbangan dan permohonan kami sepakat untuk memperhatikan aspek pendidikan sebagai bagian dari intervensi Pembangunan IPM. Saya mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian pemerintah desa yang peduli dengan pendidikan anak-anak usia dini di desa ini.

“Saya akan terus memotivasi para tutor PAUD untuk meningkatkan pelayanan dalam bidang pendidikan bagi anak-anak sehingga minat belajar akan semakin meningkat kedepannya, dan tidak ada lagi anak – anak yang putus sekolah di Desa Kiarapandak Kecamatan Sukajaya,”pungkasnya.

Sumber : Publik Bogor

Tinggalkan Balasan

Top