You are here
Home > KESEJAHTERAAN RAKYAT > Raskin Untuk Warga Kiarapandak Mulai Disebar

Raskin Untuk Warga Kiarapandak Mulai Disebar

 

KIARAPANDAK – Kabar gembira untuk warga Kiarapandak. Sebanyak 26 ton lebih beras raskin (beras untuk masyarakat miskin) telah didistribusikan oleh Pemerintah Desa Kiarapandak, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Hal ini pun dibuktikan pendistribusiannya melalui perangkat desa dan RT, untuk disalurkan langsung kepada masyarakat penerima bantuan.
Kepala Desa Kiarapandak, Iwan Setiawan mengatakan, ada 1.918 Kepala Keluarga (KK) yang menerima bantuan raskin di Desa Kiarapandak dengan jumlah pagu sebanyak 26 ton lebih untuk bulan Mei dan Juni.
“Data base RTS (Rumah Tangga Sasaran) di Desa Kiarapandak ada sekitar 46 persen, saat Pemdes kembali salurkan beras Bulog untuk masyarakat selama 2 bulan yang disalurkan saat ini dua bulan, dari bulan Mei dan Juni sebanyak 26 ton lebih. kami salurkan kepada masyarakat penerima bantuan untuk dua bulan,” kata Iwan, Rabu (12/7).
Lanjut Iwan menjelaskan, kuota jatah raskin yang diterima oleh pemerintah Desa Kiarapandak setiap bulannya sebanyak 13 ton lebih. Raskin kami distribusikan ke tingkat RT, dengan jumlah RT ada 37 RT, sementara jumlah RW ada 10 RW.
Untuk data RTM Rumah tangga sasaran, di Desa Kiarapandak 902 kepala Keluarga, tapi secara teknis pemerintah Desa menyalurkan dengan jumlah 13.530 kg dengan sasaran 1.918 kepala Keluarga, dan semua masyarakat menerima dan menikmati bantuan beras raskin secara merata.
Pemerintah desa dengan harga 1600 itu kami distribusikan ke tingkat RT dan menjual ke masyarakat sebesar 2000 rupiah, namun dari harga 2000 rupiah tersebut Pemdes menyalurkan kepada jompo dan yatim secara gratis, jompo dan yatim menerima raskin secara gratis dan tanpa harus membayar nya.
Harapan saya yang jelas kami Pemerintah Desa sangat terbantu sehingga beras Bulog ini sangat bermanfaat dan bagi masyarakat Rumah tangga miskin.
Karena program raskin ini merupakan bantuan subsidi pangan dalam bentuk beras yang diperuntukkan bagi rumah tangga yang berpenghasilan rendah sebagai upaya dari Pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan dan memberikan perlindungan sosial terhadap rumah tangga sasaran.
“Dengan adanya program raskin  dari Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah ini sangat jelas sekali untuk membantu masyarakat, khususnya warga masyarakat yang berekonomi lemah di Desa Kiarapandak ini,” pungkasnya.

Sumber : Bogor Today

 

Tinggalkan Balasan

Top