You are here
Home > KABAR DESA > Budaya Gotong Royong Warga di Setiap Kampung, Masih Kental di Rasakan di Desa Kiarapandak

Budaya Gotong Royong Warga di Setiap Kampung, Masih Kental di Rasakan di Desa Kiarapandak

 

KIARAPANDAK – Budaya gotong-royong sampai saat ini masih terasa kental di Kampung Sinampeul RT 01/04 Desa Kiarapandak Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor. Terbukti, sudah puluhan warga dari ibu ibu hingga bapa bapa dan remaja bergotong-royong guna membangun jalan lingkungan.

Kepala Desa Kiarapandak Iwan Setiawan mengatakan, untuk mendukung kemajuan wilayah tentunya peran serta aktif masyarakat sangat perlu untuk membantu kelancaran pembangunan infrastruktur yang memadai disetiap lingkungan nya. Dengan adanya Dana Desa (DD) tahap dua ini, Pemerintah Desa langsung memprio­ritaskan pembukaan jalan desa 201 meter,  sekaligus pembangunan jalan lingkungan dengan sistem betonisasi sepanjang kurang lebih 1.420 meter serta pembangunan TPT 71 meter yang tersebar di dua titik yang merupakan jalan penghubung antar RT dan RW.

“Jalan mulus tentunya sangat penting karena bisa meningkatkan perekono­mian, sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat, “ujar Iwan,  Minggu (19/11).

Sementara itu Ketua RW 04/01 Kampung Cipatat Desa Kiarapandak Abdul Rosyid menjelaskan, mengingat jalan yang dibangun merupakan kebutuhan masyarakat sebagai sarana transportasi untuk kebutuhan. tentunya warga sangat antusias dengan pembangunan jalan karna manfaat nya sangat dirasakan, salah satunya kendaraan roda empat bisa dilalui sehingga kebutuhan yang sifatnya mendesak dapat teratasi dan meringankan beban bagi masyarakat.

Hal ini dilakukan agar warga selalu peduli terhadap sesama dilingkungannya. “Saya berharap ke depannya meskipun pembangunan jalan telah selesai, kekompakan warga untuk gotong-royong tetap terjaga,” bebernya.

Terpisah Ade Eka Komara tokoh masyarakat Sinampeul menyampaikan, dengan mengik­utsertakan masyarakat dalam pembangunan, maka akan timbul rasa saling menjaga. Selain gotong-royong membangun jalan lingkungan dan jalan desa.

“Saya berharap setiap Minggu warga di setiap wilayah menggelar kegiatan bebersih. Dengan melakukan cara menyisir jalan utama kampung lalu dilanjutkan ke jalan lingkungan, kita harapkan budaya gotong-royong terus ditingkatkan,” pungkasnya.

Sumber : Publik Bogor

Tinggalkan Balasan

Top