You are here
Home > KABAR DESA > Kegiatan Penyuluhan Apoteker Remaja dan Swamedikasi (APREMSWA) oleh Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Kegiatan Penyuluhan Apoteker Remaja dan Swamedikasi (APREMSWA) oleh Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

Foto Bersama usai kegiatan penyuluhan (APREMSWA)

 

“APREMSWA”

(Apoteker Remaja dan Swamedikasi)

              Pada hari Rabu 1 Agustus 2018 pukul 12.30-14.30 WIB KKN Kelompok 6 Desa Kiarapandak telah melaksanakan kegiatan penyuluhan “(APREMSWA) Apoteker Remaja dan Swamedikasi” kegiatan ini merupakan salah satu program utama/besar yang dihadirkan oleh kelompok 6 Desa Kiarapandak yang berlokasi di Kantor Desa Kiarapandak Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor. Narasumber dari acara ini adalah Bapak Drs. Stefanus Lukas, MARS, Apt selaku Dosen Farmasi Fakultas Farmasi UTA’45 Jakarta yang dihadiri oleh beberapa pihak diantaranya bapak Sekdes Kiarapandak serta jajarannya, perwakilan Guru SMP N Satu atau 01 Sukajaya, perwakilan Guru MTs AL- MUJAHIDIN dan Mahasiswa/i KKN Kelompok 6 UTA’45 Jakarta sebagai pihak penyelengara kegiatan tersebut.

              Alasan kegiatan ini dilakukan karena mayoritas mahasiswa/i dari KKN Kelompok 6 berasal dari fakultas farmasi sehingga dengan diadakannya APREMSWA (Apoteker Remaja dan Swamedikasi) ini mampu mendorong minat siswa/i Desa Kiarapandak terkait bidang kesehatan khususnya kefarmasian dan upaya peningkatan eksistensi profesi apoteker sejak dini di kalangan siswa/i. Kegiatan ini juga menjelaskan profesi kesehatan yang lain, tidak hanya seorang Dokter dan Bidan yang berada dalam ruang lingkup profesi kesehatan yang diketahui oleh kebanyakan masyarakat. Dalam profesi kesehatan ada juga yang disebut seorang asisten apoteker, seorang sarjana farmasi dan apoteker yang memiliki peran penting dalam penanganan obat.

Tidak hanya itu, dengan adanya materi swamedikasi diharapkan akan memberikan pengetahuan kepada masyarakat terutama siswa/i tentang penyakit yang masih bisa diobati oleh diri sendiri tetapi dengan cara yang aman sebelum berlanjut kepada tenaga kesehatan yang lain yaitu dokter atau fasilitas kesehatan sebagai contoh swamedikasi adalah sakit Demam, demam dapat diobati dengan dua cara, cara pertama dengan cara farmakologi yaitu dengan  meminum obat paracetamol dan cara kedua yaitu dengan cara non farmakologi yaitu dengan banyak banyak istirahat lalu kompres badan.

Dijelaskan juga oleh Narasumber bahwa ada cara yang dilakukan untuk menjadi pengawas obat dan makanan untuk mengindari obat palsu yang di galangkan oleh BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) yang bernama CEKLIK dimana terdiri dari Cek (K)emasan dalam kondisi baik, (L)abel baca informasi produk pada brosur, (I)zin edar pastikan memiliki izin edar, dan (K)adaluarsa cek masa kadaluarsa, CEKLIK ini dimaksudkan agar masyarakat cerdas dalam menggunakan obat dan dapat menyeleksi obat-obat yang aman untuk di konsumsi dan dapat membedakan obat yang tidak layak/palsu yang beredar di pasaran untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan. Dalam program kerja APREMSWA ini kami juga KKN kelompok 6 ingin memberikan dorongan dan motivasi agar anak-anak tidak perlu berkecil hati dalam mempunyai mimpi yang tinggi, jangan hanya puas dengan lulus SMP ataupun SMA tapi harus kuliah. Ayo Kuliah! Itu seruan kami. APREMSWA ini juga sebagai wadah menperkenalkan kepada masyarakat kampus kami yaitu Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.

Kegiatan ini pun disambut baik oleh pihak aparatur desa. Hal ini dipertegas oleh Sekertaris Desa Cheppy Wafiddin Rahman bahwa “Saya berharap dengan diselenggarakannya kegiatan APREMSWA (Apoteker Remaja dan Swamedikasi) anak-anak diharapkan dapat melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi mengingat bahwa profesi apoteker jarang ditemukan di Desa Kiarapandak”. Beliau juga menegaskan bahwa kehadiran mahasiswa KKN Kelompok 6 di Desa Kiarapandak dapat dijadikan sebagai inspirasi dan motivasi untuk para pelajar  dalam mengejar cita-citanya khususnya dalm bidang kefarmasian yaitu menjadi seorang Apoteker.

 

 

 

 

 

 

 

 

___________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Tinggalkan Balasan

Top