You are here
Home > KABAR DESA > PENINGKATAN PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PEMILU

PENINGKATAN PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PEMILU

 

KIARAPANDAK – Pada hari Rabu 8 Agustus 2018 pukul 14.00-16.00 WIB KKN Kelompok 6 Desa Kiarapandak telah melaksanakan kegiatan “Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Perempuan Dalam Pemilu” kegiatan ini merupakan salah satu program utama/besar yang dihadirkan oleh kelompok 6 Desa Kiarapandak yang berlokasi di Kantor Desa Kiarapandak Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor.

Narasumber dari acara ini adalah Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UTA’45 Jakarta diantaranya, Ibu Indrrawati, S.IP., M.Si, Ibu Sri Henny, M.Si dan Ibu Ani Khoirunnisa, M.Si. Kegiatan ini yang dihadiri oleh beberapa pihak diantaranya perwakilan Aparatur Desa Kiarapandak, masyarakat Desa Kiarapandak khususnya ibu-ibu dan Mahasiswa/i KKN Kelompok 6 UTA’45 Jakarta sebagai pihak penyelengara kegiatan tersebut.

Alasan kegiatan ini dilakukan karena permasalahan dan kondisi yang berlangsung di Desa Kiarapandak adalah masih rendahnya pengetahuan politik warga khususnya perempuan di era demokrasi masa kini khususnya dalam hal partisipasi memilih perlunya memberikan pengetahuan dan membanguan kesadaran politik pentingnya peran dan pengaruh perempuan dalam pemilu.

Dengan adanya sosialisasi ini narasumber berharap agar partisipasi pemilih warga khususnya perempuan dapat menggunakan hak pilih mereka dengan baik seperti hal nya tidak terlibat dalam moneypolitic yang sering ditemukan di desa-desa khususnya ibu-ibu yang masih rentan dengan istilah CILOK mau nyolok kalu ada gocapan, jika hal ini terus menerus terjadi maka banyak permasalahan sosial yang akan terjadi, untuk itu sangat di harapkan perilaku pemilih warga berdasarkan arahan hati pikiran yang baik agar dapat mengsukseskan pilkada 2019 mendatang.

Itu harapan kami! Ujar narasumber ke audience. Tidak hanya itu narasumber mengajak dan memotivasi warga agar bukan hanya hak memilih saja yang harus di perkuat tetepi juga hak di pilih, dalam arti bahwa perempuan di Desa Kiarapandak harus berani maju bersaing dalam dunia perpolitikan tidak harus di jenjang teratas tetapi berusaha maju dari tingkat terbawah sekalipun misalnya maju sebagai calon kepala desa, stap desa itu merupakan salah satu pengalaman untuk melatih diri bagaimana menjadi seorang pemimpin.

Kegiatan ini pun disambut baik oleh warga terutama ibu-ibu yang ikut serta dalam kegiatan tersebut, dengan antusias mereka menyimak dan menanyakan hal-hal yang mereka belum pahami, sera beberapa perwakilan aparatur desa yang mengikuti kegiatan ini dengan baik (*).

 

Tinggalkan Balasan

Top